Langkap pertama copywriting sangat penting. Sebelum membuat copywriting Anda mesti tahu langkah pertama yang harus Anda lakukan. Apa itu?

Sebelum Anda membaca lebih jauh, saya ingin bertanya: apa itu copywriting? Jika Anda sudah tahu definisinya, Anda bisa lanjut ke paragraf selanjutnya. Jika Anda belum tahu, saya akan memberi tahu.

Dalam definisi yang sederhana, copywriting adalah seni menulis untuk menghasilkan respon yang diinginkan.

Baca juga: Apa itu Copywriting?

Di era bisnis online ini, di dalam aktivitas jual-beli, Anda tidak lagi bertatap muka dengan calon pembeli. Tetapi pembeli bertatap muka dengan sebuah platform, media digital. Di mana yang akan menjadi salesman atau SPG Anda itu adalah copywriting.

Jika diibaratkan ada dua buah pulau, antara produk Anda dan calon pembeli maka penghubung keduanya ini adalah copywriting. Copywriting adalah jembatan penghubung antara produk Anda dengan pembeli. Tanpa jembatan ini, tanpa copywriting, tidak mudah bagi  pembeli untuk terhubung dengan produk Anda.

Sebagai pebisnis online, Anda ‘wajib’ bisa atau mengerti copywriting. Minimal Anda tahu copywriting untuk bisnis.

Apa yang ada di dalam ilmu copywriting?

Copywriting adalah seni menulis. Ilmu yang ada di dalamnya adalah ilmu persuasif. Copywriting adalah ilmu di mana Anda bisa membuat kalimat yang persuasif. Ilmu yang bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang Anda arahkan.

Tapi saya tidak bisa menulis. Saya tidak berbakat menulis. Saya tidak bisa mengajak orang. Bagaimana?

Siapa saja bisa membuat copywriting. Karena ia adalah seni yang bisa Anda pelajari. Untuk bisa mengerti copywriting, Anda tidak butuh latar belakang ilmu yang rumit. Anda cukup punya tekad belajar yang kuat.

Sudah menjadi rahasia umum, untuk membuat sebuah copywriting itu relatif mahal. Biayanya bisa ratusan ribu hingga jutaan. Jika Anda tahu copywriting maka Anda bisa membuat sendiri copywriting Anda. Sehingga Anda bisa menghemat anggaran. Dan Anda bisa mengalihkan anggaran itu untuk pengembangan bisnis, produk dan lainnya.

Ada satu cara jitu untuk membuat copywriting yang terbukti powerfull. Bagaimana caranya?

Caranya adalah pahami sisi psikologis pembaca copywriting Anda. Saya ulang sekali lagi, pahami sisi psikologis pembaca copywriting Anda.

Psikologis apa?

Tentu saja bukan psikologis dalam arti yang luas, kompleks dan rumit. Tetapi psikologis dalam arti yang sederhana, yang penting, dan terkait dengan copywriting.

Kenapa Anda perlu tahu psikologis pembaca?

Karena yang membaca copywriting Anda bukanlah robot. Yang membaca copywriting Anda adalah manusia. Mereka mempunyai emosi dan pikiran tentang sesuatu.

Oleh karena itu, di sinilah perlu untuk memahami sisi psikologis mereka. Pembaca copywriting sebagai calon pembeli yang akan mengambil keputusan.

Jika Anda bisa memahami sisi psikologis pembaca maka Anda akan mudah menentukan sudut pandang. Anda akan mudah untuk menulis copywriting yang powerful.

Bagaimana cara memahami sisi psikologi pembaca agar bisa menulis copywriting yang terbukti powerful?

(Bersambung)

– © DPS

Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments