Tahukah kamu jika di dalam dunia online marketing, fungsi seorang sales marketing sudah tergantikan oleh copywriting. Kok bisa? Apa itu copywriting?

Pernahkah kamu membaca iklan atau postingan di media sosial yang membuat kamu tergerak melakukan sesuatu. Seperti ingin membaca tulisan tersebut sampai habis. Atau ingin mencari informasi lebih lanjut tentang produk atau jasa itu.

Tulisan seperti ini jelas tidak asal-asalan dibuat. Konten yang digunakan untuk menjual barang dan jasa di dunia online itu tidak sembarang tulisan. Tulisan tersebut ditulis oleh seorang copywriter.

Di dalam dunia nyata, antara penjual dan pembeli dihubungkan lewat sales marketing. Sales marketing lah yang menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli (konsumen). Sehingga konsumen mengetahui dan paham tentang suatu produk dan jasa.

Di dalam dunia online marketing, penjual dan pembeli dihubungkan lewat copywriting. Copywriting yang berupa tulisan, gambar, dan video. Copywriting ini kemudian dipublikasikan melalui media online seperti email, blog, dan media sosial. Jadi dalam dunia online marketing, copywriting lah yang menghubungkan antara seorang penjual dan pembeli.

Apa itu Copywriting?

Menurut Wikipedia, copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Produknya adalah konten yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek yang pada akhirnya membujuk seseorang atau kelompok untuk melakukan tindakan tertentu.

Copywriting banyak digunakan untuk membuat papan reklame , brosur , katalog , lirik jingle , iklan majalah dan surat kabar, surat penjualan, skrip untuk iklan televisi atau radio, tagline, buku putih, posting media sosial, dan komunikasi pemasaran lainnya.

Dalam bahasa sederhana, copywriting adalah seni penulisan yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya. Respon agar pembaca melakukan suatu tindakan tertentu.

Konversi adalah ketika seseorang yang kita target mengambil tindakan seperti yang kita inginkan. Misalnya: membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mengunduh file, dan lain-lain.

Di dalam dunia penjualan, konversi sering disebut dengan closing. Karena copywriting tidak hanya untuk penjualan maka istilah yang akan kita gunakan adalah konversi bukan closing.

Copywriting adalah seni penulisan yang bertujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya. Respon agar pembaca melakukan suatu tindakan tertentu.

Copywriting dan Bisnis

Menjual lewat tulisan itu sekilas sepertinya mudah. Kita unggah foto atau video kemudian cantumkan informasi, seperti: deskripsi, fitur, manfaat, harga dan cara melakukan pembelian. Selesai.

Apa yang terjadi?

Setelah menunggu beberapa lama, ternyata tidak terjadi transaksi. Tidak ada orang yang mau membeli produk atau jasa kita.

Di sisi lain, pesaing yang menjual produk yang sama persis bisa laris manis. Pembelinya ramai, antri dan sangat antusias dengan barang yang dijual.

Mengapa bisa begitu?

Pada contoh kasus pertama, penjual hanya berjualan biasa. Sedangkan pada contoh kasus kedua, penjual menggunakan copywriting. Copywriting inilah yang mampu menyihir dan membuat para konsumen tidak hanya ingin tetapi harus membeli produk kita.

Kalau hanya membuat tulisan, apa susahnya?

Melakukan konversi itu tidak mudah. Apalagi kita hanya menggunakan media teks, gambar, atau video. Diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus untuk membuat copywriting. Dengan teknik copywriting yang tepat, dua produk yang sama persis bisa mendapatkan respon yang jauh berbeda oleh orang lain.

Copywriting sangat dibutuhkan untuk mengoptimalisasi kanal digital marketing agar efektif dan menghasilkan rasio konversi yang tinggi. Kanal digital marketing tersebut, seperti:

  1. Landing page

  2. Konten website

  3. Konten social media

  4. Konten email marketing

  5. Iklan TV dan radio

  6. Google AdWords

  7. Facebook Ads

  8. YouTube Ads

  9. dan lainnya

Sekarang kita sudah tahu tentang apa itu copywriting. Kita juga sudah tahu jika copywriting itu punya peran penting dalam bisnis. Terutama untuk menghasilkan konversi.

Berikutnya kita akan belajar : Langkah Pertama sebelum Membuat Copywriting

Salam copywriting

– © DPS

Jakarta, 12/04/2021 15.45

#melekdigital

*Image by John Conde from Pixabay

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments